Selasa, 06 November 2012

Definisi Farmasi

     Lambang farmasi di ibaratkan dengan gelas yang di lilit ular,farmasi  sendiri  berasal dari kata farmakon yang artinya racun. Racun di ibaratkan bisa ular yang di tampung di gelas lalu di olah oleh tubuh utuk menyembuhkan penyakit, dan racun itupun dikeluarkan dari dalam tubuh bersamaan dengan penyakitnya.
Adapun farmasi adalah ilmu yang mempelajari tentang :
Resep
Bahasa Latin
Dosis dan Cara Perhitungan
Metode Pengerjaan / Pembuatan Bentuk Sediaan

F          Farmasi dalam definisi
      Batasan farmasi menurut kamus adalah seni dan ilmu meracik dan menyerahkan / membagikan obat, sedangkan farmasis adalah seseorang yang meracik dan menyerahkan / membagikan obat. Dengan demikian, berarti bahwa kedua konsep farmasi dan farmasis adalah kongruen, yakni yang satu dapat diturunkan dari yang lainya. 
      Menurut kamus lainnya, misalnya Webster, farmasi adalah seni atau praktek penyiapan, pengawetan, peracikan dan penyerahan obat ( Webster’s New Collegiate Dictionary. SpringField, MA, G. & C. Merriam Co, 1987 ).
      Menurut Smith dan Knapp, seorang farmasis adalah seseoarang yang telah lulus dari perguruan tinggi farmasi. Untuk melakukan praktek farmasi, seorang lulusan harus memperoleh izin / lisensi dari suatu dewan atau badan negara bagian. Agar supaya mendapat izin / lisensi, lulusan suatu pergurun tinggi farmasi di seluruh negara bagian atau daerah disyaratkan untuk menyelesaikan persyaratan pengalaman praktek dan untuk menyelesaikan persyaratan pengalaman praktekdan untuk lulus ujian yang diselenggarakan oleh badan farmasi negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar